Selamat Datang di Website Resmi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor

Anda adalah pengunjung ke
6654849 sejak Januari 2014

Berita
Informasi Gangguan
Pengumuman
Agenda
Galeri
Artikel
Tempat Pembayaran
Webmail Login


Temukan di Google Play

Langganan Berita menggunakan RSS
INFO KILAT
  •  03/11  Pelanggan Yth, pembayaran rekening air minum mulai 1 November dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.
  •  28/10  Pelanggan Yth, khususnya wilayah Perum De Botanical, untuk mengantisipasi tekanan rendah di jam-jam tertentu (pagi dan sore hari), kami sarankan untuk membuat toren air dan menampung air saat mengalir. Terima kasih.
  •  08/10  Pelanggan Yth, kami informasikan line Call Center nomor 0251-8324111 sudah dapat digunakan kembali
  •  31/12  Pelanggan Yth. Laporkan nomor handphone Anda untuk mendapatkan informasi terupdate tentang PDAM Kota Bogor dengan format : nomor pelanggan (misal: 1234-5678)_nmr HP. Kirim ke 08111100123. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2014 Pendaftaran Pemasangan Sambungan Baru Air Minum melalui DAFTAR TUNGGU. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, Mulai tanggal 31 Januari 2015 Daftar Pemasangan Baru Sambungan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dapat dilakukan secara On-Line.
BERITA
Pelanggan Tak Menyangka Dilayani Direktur
2017-03-25 15:09:51 oleh: Humas PDAM [dibaca: 4437 kali]

Ketika Direksi PDAM Turun Langsung Menjadi Costumer Service

DIREKTUR Umum PDAM Kota Bogor Rino Indira Gusniawan (kiri) melayani pelanggan. (foto: humas dan sosial)

MENYAMBUT hari jadi ke-40 PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, jajaran direksi dan manajemen melakukan gebrakan unik. Para petinggi perusahaan air bersih milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor itu tampil sebagai petugas pelayanan langganan (costumer service) selama beberapa jam pada Senin pagi (20/3/2017). Seperti apa performa mereka?
------------------------------------------
Pemandangan unik ini terjadi beberapa saat setelah Area Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dibuka pada pukul 08:30 WIB. Empat petugas Sub Bagian Hubungan Langganan pada Bagian Pelayanan Pelanggan berganti posisi dengan dua direksi dan dua kepala bagian.
Direktur Umum (Dirum) Rino Indira Gusniawan, Direktur Teknik (Dirtek) Syaban Maulana, Kepala Bagian Perencanaan dan Pengawasan Teknik (Perwastek) Jamalis dan Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Dicky Budhi Purnama turun langsung melayani keluhan dan segala kebutuhan pelanggan.
Rino yang baru empat bulan berdinas di PDAM Kota Bogor sempat kesulitan mengoperasikan Costumer Information System (CIS) sebagai aplikasi informasi pelanggan terintegrasi di lingkungan PDAM. Namun setelah dibimbing sebentar oleh, Rino tampak santai melayani para pelanggan.
“Awalnya saya kira pelayanan pelanggan PDAM Kota Bogor masih menggunakan cara-cara manual. Ternyata saat saya masuk (ke PDAM), dan sekarang menjadi petugas di bagian pelayanan, ternyata kita punya alat yang sangat canggih. Ini memudahkan kita melayani dan menangani keluhan-keluhan pelanggan,” ujar Rino usai ‘bertugas’ di posisinya.
Selama menjalankan tugasnya, Rino berupaya tampil sempurna layaknya petugas pelayanan pelanggan profesional. Dia selalu mengucapakan salam dan berjabat tangan saat mengawali interaksinya dengan pelanggan. “Selamat pagi bapak. Saya Rino, ada yang bisa saya bantu,” kata dia ramah kepada salah seorang pelanggan.
Pelanggan bernama Ahmad, warga Kampung Muara Kecamatan Bogor Selatan itu menceritakan lonjakan tagihan yang berbeda dari biasanya. Setelah dicek dengan mencantumkan nomor pelanggan pada aplikasi CIS, Rino menjelaskan bahwa rumah si Ahmad tidak terbaca oleh petugas pembaca meter karena kondisi rumah terkunci.
Ahmad pun mengakui beberapa bulan terakhir berada di luar kota, sehingga rumah dalam keadaan kosong dan terkunci dari luar. Rino pun menyarankan Ahmad untuk mengirimkan angka stand meter terakhir melalui pesan singkat ke nomor 08111100123 dengan format ketik STN <spasi>no.pelanggan<stand meter.
Ahmad mengaku senang dengan pelayanan yang diberikan Rino. Bahkan dia tak menyangka petugas yang dihadapinya merupakan pejabat tinggi di lingkungan PDAM. “Reuwas (kaget) juga saya, ternyata yang ngelayani saya direktur. Alhamdulillah dilayani dengan baik,” kata Ahmad.

DIREKTUR Teknik PDAM Kota Bogor Syaban Maulana (kedua dari kanan) melayani pelanggan (foto: humas dan sosial)

Hal senada dialami Dirtek Syaban Maulana. Meski sudah puluhan tahun berkarir di PDAM, Ade sapaan akrabnya, cukup kewalahan melayani dan menangani keluhan para pelanggan. Namun dengan pengalamannya, dia mampu menangani seluruh keluhan pelanggan dengan baik.
“Gugup sih nggak. Tapi karena sistemnya (CIS) baru, jadi agak lama (penggunaannya). Secara umum, semua keluhan bisa saya tangani. Termasuk keluhan air tidak mengalir di daerah Cilibende. Tapi saya jelaskan kondisi sistem pengaliran di daerah situ. Alhamdulillah dia (pelanggan) puas,” papar Ade.
Ade banyak menerima keluhan lonjakan dan permohonan cicilan pembayaran rekening. Tanpa ragu, mantan Direktur Umum PDAM ini langsung memberikan persetujuan angsuran pembayaran. Hal ini disambut baik para pelanggan yang kebetulan dilayani dirtek.
“Tagihan saya bulan ini Rp 400 ribuan. Saya minta (pembayarannya) dicicil dua kali, hari ini dan minggu depan. Alhamdulillah langsung di-ACC. Saya baru tahu, yang ngelayani saya direktur PDAM. Hari ini saya beruntung,” kata Sumirat, warga Tanah Sareal.
Ade mengakui banyak pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan seperti ini. Dia pun berjanji menindaklanjuti seluruh temuannya setelah dibahas secara internal. “Apa yang kita dapat tadi, akan kita bahas dengan direksi dan para kabag,” tutup Ade.(*)
 

Berita:
241 Karyawan Tirta Pakuan Ikuti Rapid Test, Semuanya Non-Reaktif
BACA METER MANDIRI BISA MELALUI SIMOTIP
MEMPERINGATI HARI KARTINI 21 APRIL 2020
Tirta Pakuan - Satpol PP Sebar Masker Kain di Pasar Anyar
Perumda Tirta Pakuan Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Tirta Pakuan Ajak Pelanggan Baca Meter Mandiri
Semprot Disinfektan di Area Kantor
Tirta Pakuan Upayakan Layanan Normal saat WFH
Cegah Covid 19, Tirta Pakuan Ubah Jam Operasional
Hoax! Gangguan Pasokan Air Akibat Limbah

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92
KALENDER
April 2021
MinSenSelRabKamJumSab
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 
Pemerintah Kota Bogor
PERPAMSI
Departemen P.U.
Program Hibah Air Minum & Sanitasi
Copyright © 2009 - 2021
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
HOME | PROFIL | LAYANAN | PELANGGAN | ORGANISASI
Berita | Pengumuman | Agenda | Galeri | Artikel | Tempat Pembayaran | Webmail Login | Admin