Selamat Datang di Website Resmi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor

Anda adalah pengunjung ke
4353994 sejak Januari 2014

Berita
Informasi Gangguan
Pengumuman
Agenda
Galeri
Artikel
Tempat Pembayaran
Webmail Login


Temukan di Google Play

Langganan Berita menggunakan RSS
INFO KILAT
  •  03/11  Pelanggan Yth, pembayaran rekening air minum mulai 1 November dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.
  •  28/10  Pelanggan Yth, khususnya wilayah Perum De Botanical, untuk mengantisipasi tekanan rendah di jam-jam tertentu (pagi dan sore hari), kami sarankan untuk membuat toren air dan menampung air saat mengalir. Terima kasih.
  •  08/10  Pelanggan Yth, kami informasikan line Call Center nomor 0251-8324111 sudah dapat digunakan kembali
  •  31/12  Pelanggan Yth. Laporkan nomor handphone Anda untuk mendapatkan informasi terupdate tentang PDAM Kota Bogor dengan format : nomor pelanggan (misal: 1234-5678)_nmr HP. Kirim ke 08111100123. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2014 Pendaftaran Pemasangan Sambungan Baru Air Minum melalui DAFTAR TUNGGU. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, Mulai tanggal 31 Januari 2015 Daftar Pemasangan Baru Sambungan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dapat dilakukan secara On-Line.
BERITA
Dirtek Beberkan Trik Penyesuaian Tarif
2017-08-07 16:59:28 oleh: Humas PDAM [dibaca: 1612 kali]


BOGOR – PDAM Tirta Kualo Kota Tanjung Balai Provinsi Sumatera Utara berencana melakukan penyesuaian tarif untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada pelanggannya. Untuk menghindari kemungkinan gejolak sosial yang dikhawatirkan timbul, mereka berguru ke PDAM Tirta Pakuan yang pernah melakukannya pada 2012 lalu.
Hal tersebut terkuak dalam kunjungan Kerja Komisi B DPRD Kota Tanjung Balai ke PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di Ruang Rapat SPI PDAM Kota Bogor Jalan Siliwangi 121 Kota Bogor, Jumat (4/8/2017).

Rombongan Komisi B DPRD Kota Tanjung Balai, terdiri dari sembilan anggota dan dua staf dipimpin ketua Muhammad Nur Harahap. Mereka ingin mempelajari tata kelola air bersih yang menempatkan Tirta Pakuan sebagai PDAM sehat dan salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Mengingat biaya operasional perusahaan sudah sangat tinggi, PDAM Tirta Koala berencana melakukan penyesuaian tarif.  Namun perlu langkah-langkah khusus agar kebijakan mereka dapat diterima pelangganan. Untuk itu, kami datang kemari,” kata Mamat, sapaan akrab M. Nur Harahap.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana yang menerima langsung kunjungan tersebut menyatakan, penyesuaian tarif air minum PDAM diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 71 tahun 2016 tentang Tarif Air Minum. Namun perlu trik-trik khusus agar kebijakan tersebut dapat diterima pelanggan dan masyarakat.

“Pertama, yang harus dipahami adalah penyesuaian tarif tersebut harus memperhatikan kondisi yang terjadi saat itu, baik dari sisi PDAM maupun pelanggan. Dasarnya adalah Permendagri No 71 tahun 2016. Kemudian kita ajukan penjajakan dan evaluasi, apakah penyesuaian tarif tersebut sudah betul-betul didasari kondisi kritis biaya operasional perusahaan,” ujar Syaban.

Informasi kendala-kendala teknik pelayanan air minum juga mutlak disampaikan segera masif kepada masyarakat. “Tujuannya, ada masyarakat dan pelanggan menangkap permasalahan yang dihadapi PDAM," kata pria yang akrab disapa Ade itu.

Jika dirasa sudah cukup, direksi dan manajemen dapat langsung menyusun konsep draft finance yang disampaikan kepada Kepala Daerah melalui Dewan Pengawas. Selanjutnya, usulan tersebut dikonsultasikan kepada DPRD sehingga seluruh tahapan berlangsung komprehensif.  “Jadi penyesuaian tarif tersebut didukung penuh stakeholder,” kata mantan Direktur Umum PDAM Kota Bogor itu.

Setelah usulan tersebut disetujui DPRD dan diberlakukan, sosialisasi penyesuaian tarif dapat langsung dilaksanakan dengan melibatkan seluruh elemen pendukung. Bahkan DPRD dapat turut membantu mensosialisasikan tarif baru itu melalui pertemuan-pertemuan kader pada masa reses.

Menurut Ade, kunci utama pemberlakukan penyesuaian tarif adalah pelayanan. “Jadi permasalahan atau kendala dalam hal menerima atau menolaknya pelanggan (terhadap penyesuaian tarif) tergantung pada titik pelayanannya. Kalau pelayanan baik, penyesuaian tarif tidak masalah,” kata Ade.

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sendiri melaksanakan penyesuaian tarif terakhir kali pada Juni 2012. “Jadi sudah lebih lima tahun tarif PDAM belum ada penyesuaian. Meski biaya operasional terus membengkak, kami upayakan dulu bertahan dengan kondisi saat ini,” kata Syaban. (humas dan sosial)



 

Berita:
SPAM Katulampa Diujicoba Pekan Depan
Sayembara Cipta Maskot dan VA Diperpanjang
Pastikan Pengamanan Pasokan, Dirum Keliling Sumber dan Instalasi
Dirum Dampingi Tugas Pembaca Meter
PDAM Bentuk Tim Pengamanan Pemilu
HUT ke-42, PDAM Adakan Sunatan Massal
Koneksi Pipa Cipaku, PDAM Harap Zona III Membaik
HUT ke-42, PDAM Bertekad Tingkatkan Pelayanan
PDAM Tirta Pakuan Masuk Nominasi Top BUMD 2019
Siswa Pusdikzi Belajar Pengolahan Air ke PDAM

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91
KALENDER
September 2019
MinSenSelRabKamJumSab
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 
Pengumuman
Lelang Pengadaan Mesin Genset IPA Cipaku
Sayembara Cipta Maskot dan Virtual Assistant
PEMBERITAHUAN DAN FORM PUBLIKASI MEDIA
Pemerintah Kota Bogor
PERPAMSI
Departemen P.U.
Program Hibah Air Minum & Sanitasi
Copyright © 2009 - 2019
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
HOME | PROFIL | LAYANAN | PELANGGAN | ORGANISASI
Berita | Pengumuman | Agenda | Galeri | Artikel | Tempat Pembayaran | Webmail Login | Admin