Selamat Datang di Website
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
Alamat: Jl. Siliwangi No. 121 Bogor
Kode Pos: 16142
Telp: 0251-8324111
Fax: 0251-8321575

Email:
pdam.pel@pdamkotabogor.go.id
 

Anda adalah pengunjung ke
2255412 sejak Januari 2014

Berita
Informasi Gangguan
Pengumuman
Agenda
Galeri
Artikel
Tempat Pembayaran
Webmail Login
-


Temukan di Google Play

Langganan Berita menggunakan RSS
INFO KILAT
  •  03/11  Pelanggan Yth, pembayaran rekening air minum mulai 1 November dapat dilakukan tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya.
  •  28/10  Pelanggan Yth, khususnya wilayah Perum De Botanical, untuk mengantisipasi tekanan rendah di jam-jam tertentu (pagi dan sore hari), kami sarankan untuk membuat toren air dan menampung air saat mengalir. Terima kasih.
  •  08/10  Pelanggan Yth, kami informasikan line Call Center nomor 0251-8324111 sudah dapat digunakan kembali
  •  31/12  Pelanggan Yth. Laporkan nomor handphone Anda untuk mendapatkan informasi terupdate tentang PDAM Kota Bogor dengan format : nomor pelanggan (misal: 1234-5678)_nmr HP. Kirim ke 08111100123. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2014 Pendaftaran Pemasangan Sambungan Baru Air Minum melalui DAFTAR TUNGGU. Terima kasih.
  •  25/11  Pelanggan PDAM Yang Terhormat, Mulai tanggal 31 Januari 2015 Daftar Pemasangan Baru Sambungan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dapat dilakukan secara On-Line.
BERITA
Sampah dan Lumpur Sumbat Saluran PDAM
2017-10-12 19:10:01 oleh: Humas PDAM [dibaca: 494 kali]

BOGOR – Rabu malam (11/10/2017), hujan deras mengguyur Caringin Kabupaten Bogor menyebabkan Sungai Cisadane banjir bandang dan terlihat keruh pekat. Banjir itu membawa berbagai jenis sampah dan lumpur hasil erosi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) yang menjadi sumber air baku bagi 70 persen pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Sampah-sampah itu sebagian masuk ke saluran intake Ciherang Pondok dan tersangkut di screen bar bangunan penyadap air baku yang menyuplai air bersih bagi pelanggan di zona 3 dan 4. Dengan sigap, operator yang bertugas langsung membersihkan sampah-sampah yang nyangkut agar tidak menghambat pasokan air baku ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng.

Sepanjang malam, petugas melakukan itu dengan rasa tanggungjawab. “Saat membersihkan screen bar setiap dua menit, terkadang kami menemukan ular atau biawak yang masih hidup. Tentunya sambil melawan hawa dingin dan kotoran-kotoran sampah, seperti ranting, akar, batangan pohon, ember sampai kasur,” ujar Solikun, operator yang bertugas saat itu menceritakan.

Setelah membersihkan screen bar, Solikun kembali ke ruangan dan melaporkan kondisi itu kepada operator di IPA Dekeng. “Tingkat kekeruhan air 5000 NTU,” lapor Solikun.

Padahal dalam kondisi normal, kadar kekeruhan air baku di Sungai Cisadane di kisaran 50-70 NTU. Ini sinyal bagi petugas di IPA Dekeng bahwa mereka harus siaga karena sumber air baku PDAM sudah bercampur dengan lumpur yang akan mempengaruhi proses pengolahan selama kurang lebih satu jam perjalanan aliran air.

Rabu tengah malam, petugas Sub Bagian Pengolahan di IPA sudah siap menerima “kiriman” air baku yang sudah tercampur lumpur dari Intake Ciherang Pondok. Yang mereka lakukan pertama kali adalah mengatur kadar Poly Aluminium Chloride (PAC, senyawa kimia untuk menjernihkan air) disesuaikan dengan kadar kekeruhan air sungai yang masuk dan terbaca Turbidimeter (alat untuk memeriksa tingkat kekeruhan air) agar proses pengolahan air berjalan dengan baik.

“Saat kekeruhan air baku tinggi, operator stand by di area IPA untuk memonitor tingkat kekeruhan air baku yang masuk ke instalasi pengolahan,” ujar Kepala Kepala Bagian Produksi PDAM Kota Bogor Adi Gunadi.

Saat kekeruhan air baku tinggi, instalasi mengalami penurunan kapasitas air dari 1.500 liter perdetik menjadi 1.200 – 1.300 liter perdetik. “Adapun air baku masuk itu berkurang sekitar 200-300 liter perdetik,” kata Adi.

Akibatnya pasokan air bersih ke Reservoir Pajajaran dan Merdeka mengalami penurunan level. Ini berdampak pada gangguan pengaliran air terutama jam puncak untuk sebagian zona 3 dan 4.

Dengan terjadinya gangguan tersebut, PDAM mengupayakan suplai air bersih kepada pelanggan dengan penyediaan tangki air mobile dan Tangki Air Hydrant Umum (TAHU). “Ada lima unit TAHU kita pasang di Tanah Baru, Cimanggu Residance, Cimanggu Hejo, Cimanggu Bharata dan Tegallega dekat Unpak,” ujar Sekretaris Perusahaan Rinda Lilinti.

Rinda mengimbau pelanggan di zona 4 untuk menampung air saat masih mengalir. “Melihat kondisi curah hujan di daerah hulu belakangan ini, kami mengimbau pelanggan untuk menghemat dan menampung air. Bagi pelanggan yang membutuhkan pasokan air melalui tangki, silakan hubungi Call Center 24 jam PDAM di nomor 0251-8324111 dan whatsapp 08111182123,” tutup Rinda.

Untuk program jangka pendek, Rinda menambahkan PDAM akan memasang Automatic Screen di Intake Ciherang Pondok dan melakukan optimalisasi pengolahan WTP Dekeng yang saat ini dalam proses lelang untuk menghindari kejadian serupa ke depan. (humas dan sosial) 

Berita:
PDAM Kota Bogor Raih Perpamsi Award 2017
PDAM Sosialisasi Pelayanan Air Bersih di Balumbang Jaya
Bima Arya Terima Penghargaan Wali Kota Entrepreneur Award 2017
HUT Korpri ke-46, PDAM Sabet Sembilan Medali Emas
Dirut : Jaga Mentalitas Profesionalisme
PDAM Kebut Optimalisasi IPA Dekeng
PDAM Kota Bogor Raih Penghargaan Kementerian Keuangan RI
Tim Gabungan Perbaiki Pipa Bocor Bocimi
Berkomitmen Tingkatkan Sistem Kerja, PDAM Siap Raih ISO 9001:2015
Optimalkan IPA Dekeng, PDAM Tambah 300 l/det

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81
KALENDER
Desember 2017
MinSenSelRabKamJumSab
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31 
Pengumuman
Pemenang Lelang Pengadaan Toren Kap. 110 & 50 m3
Pemerintah Kota Bogor
PERPAMSI
Departemen P.U.
Program Hibah Air Minum & Sanitasi
Copyright © 2009 - 2017
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor
HOME | PROFIL | LAYANAN | PELANGGAN | ORGANISASI
Berita | Pengumuman | Agenda | Galeri | Artikel | Tempat Pembayaran | Webmail Login | Admin